Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan yang Lebih Aman

Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Pembangkit listrik ramah lingkungan dianggap lebih aman untuk dimanfaatkan. Sumber energi yang digunakan merupakan energi yang dapat diperbaharui dengan memanfaatkan proses alam. Sudah ada beberapa teknologi baru pembangkit listrik ramah lingkungan sebagai sumber energi alternatif yang ‘lebih bersih’. Tentunya teknologi tersebut dapat membantu mengurangi beberapa polusi dan pemanasan global.  Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan pembangkit listrik ramah lingkungan karena tidak menghabiskan sumber daya untuk menciptakan energi.

Energi Hidroelektik

Pembangkit listrik tenaga air atau disebut sebagai mikrohidro skala kecil menjadi sumber energi yang semakin dikenal. Dengan sistem tenaga air berskala kecil, sumber alternatif ini dapat dipasang di sungai kecil dengan sedikit bahkan tanpa efek kerusakan lingkungan. Umumnya sistem tenaga air ini tidak menggunakan pengalihan air dalam jumlah yang sangat besar tetapi menggunakan kincir air dalam menghasilkan energi.

Energi Laut / Pasang Surut

Meskipun tidak semua orang tahu akan pembangkit listrik ramah lingkungan yang bersumber dari laut, namun nyatanya energi ini sudah digunakan sejak lama. Energi pasang surut mewakili bagian yang relatif kecil dari pasar energi terbarukan saat ini. Salah satu manfaat dari energi pasang surut adalah arus pasang surut dapat diprediksi dengan andal. Ini sangat berbeda dengan energi lainnya yang bergantung pada jenis generator yang digunakan dan berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

Energi Matahari

Karena sudah tersedia dan selalu ada kapan saja, energi matahari juga bisa dimasukan ke dalam pembangkit listrik ramah lingkungan. Dengan cara mengubah sinar matahari menjadi listrik menjadikan energi matahari lebih efisien dibandingkan dengan listrik dari PLN. pemasangan dan penggunaan panel fotovoltaik di area yang menangkap banyak sinar menjadi langkah utama bagi para penyedia jasa instalasi tenaga matahari seperti surya panel Malang. Sumber energi yang satu ini benar-benar yang paling melimpah di seluruh dunia. Dari segi manfaatnya, jauh lebih baik dari bahan bakar fosil maupun batu bara.

Energi Gelombang

Meskipun memiliki sifat ketidakpastian arah gelombang, namun energi ini sudah digunakan di Eropa. Pembangkit listrik ramah lingkungan ini menggunakan perangkat pelampung mengambang dan menghasilkan energi melalui gerakan mengular, atau dengan gerakan mekanis dari puncak dan palung gelombang. Apakah anda sudah familiar dengan energi gelombang ini?

Energi Panas Bumi

Jika sebelumnya energi matahari yang memberikan manfaat yang luar biasa, energi geothermal atau panas bumi juga sangat tepat untuk dijadikan sumber energi alternatif. Bagi anda yang belum terlalu tahu dengan energi yang satu ini, panas yang dihasilkan berasal dari bawah permukaan bumi. Bisa dalam bentuk cairan di bawah kerak bumi dan bebatuan. Langkah yang dilakukan adalah  menggali sumur satu mil ke dalam reservoir bawah tanah untuk mengakses uap dan air panas. Ada tiga jenis pembangkit listrik tenaga panas bumi yaitu biner, flash, dan uap kering. Jika berbicara tentang mana yang lebih dulu ada, uap kering menjadi teknologi yang tertua. Sementara flash plant menggunakan air panas bertekanan tinggi untuk dijadikan air dingin bertekanan rendah. Sedangkan biner plant melewatkan air panas melalui cairan sekunder dengan titik didih lebih rendah, yang kemudian berubah menjadi uap untuk menggerakkan turbin.

Dari beberapa sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik ramah lingkungan, manakah yang anda anggap paling cocok untuk digunakan di Indonesia? Jika iya, apakah anda memiliki keinginan untuk menggunakannya?