Referensi Jenis Kain Untuk Dress Yang Wajib Kalian Ketahui

Tampil menawan nan elegan adalah keinginan semua wanita. Karena penampilan yang menarik juga dapat di lihat dari pakaian yang dikenakan. Ungkapan yang paling tepat mungkin apa yang kita kenakan mencerminkan sifat dari sang pemakai.  Salah satu jenis pakaian yang menjadi favorit para wanita adalah dress. Dress sendiri dipasaran memiliki banyak model dan jenis kain untuk dress yang kerap tidak sesuai dengan apa yang kita mau. Karena hal ini para wanita harus lebih paham dan mengerti jenis bahan yang dipakai untuk pembuatan dress tersebut. Atau para wanita juga bisa membuat dress sendiri di rumah. Dengan berbagai rekomendasi jenis kain berikut.

Berikut ini beberapa jenis kain untuk dress yang wajib diketahui para wanita agar tidak salah pilih saat membeli sebuah dress.

Kain Sutra

Jenis kain yang pertama ini merupakan jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan dress. Walaupun memang jenis kain untuk dress ini terbilang mahal namun dengan harga yang mahal tersebut, kain ini termasuk kain paling mewah dari jenis kain yang lainnya.

Kain Sutra memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga ringan jadi kita harus lebih berhati-hati saat menjahit ataupun dalam perwatannya, seperti saat proses pencucian dan juga penyertikaan.

Kain Ceruti

Rekomendasi yang selanjutnya untuk membuat sebuah dress adalah kain ceruti. Kain ceruti ini merupakan turunan dari kain sifon, sehingga tekstur dari kain ceruti ini sangat mirip. Yakni bertekstur sangat lembut dan juga elastis. Atau bisa dibilang tekstur dari kain ini mirip seperti kulit jeruk yang terdapat bintik-bintik kecil yang halus dan dengan warna yang pas dengan bahan dasarnya.

Kain Crepe

Kain yang berikutnya adalah kain crepe. Bahan kain crepe ini memiliki karakteristik yang lembut, berserat, dan juga jatuh saat dikenakan. Walaupun memiliki tekstur berserat, kain ini memiliki ketebalan yang cukup dan tidak terawang saat di pakai. Berbahan yang sangat nyaman, dan tidak mudah membuat kalian gerah saat memakainya untuk dress.

Kain Maxmara

Selain kain-kain yang telah kita bahas tadi ada jenis kain lainnya yang sangat diminati untuk pembuatan dress yakni kain maxmara. Karena kain jenis ini memiliki banyak sekali motif yang unik dan juga cantik tentunya. Kain maxmara atau juga bisa disebut  sutra satin ini mempunyai tekstur yang lembut dan juga halus.

Berbahan ringan, jatuh saat dikenakan, mengkilat tapi tidak terlalu mengkilat jadi cocok dipakai sebagai bahan pembuatan dress. Menggunakan dress dengan bahan ini juga akan memberikan kesan yang mewah, menawan dan elegan. Selain itu kain maxmara ini juga memberikan kesan kurus bagi pemakainya.

Kain Chiffon

Walaupun memiliki ketebalan yang cukup tipis dan transparan kain chiffon ini sangat cocok sebagai bahan outer dari dress yang kalian buat. Dengan pilihan warna dan juga motif klasik yang cukup banyak kamu dapat memadu padankan kain ini dengan bahan kain yang lainnya saat pembuatan dress.

Namun perlu kalian perhatikan dan ingat dalam merawat bahan kain ini, jangan sekali-kali mencuci dengan mesin cuci. Lebih baik pisahkan dengan pakaian yang lain, karena kain chiffon ini sangat mudah menyerap warna dari pakaian lainnya. Tidak maukan bila dress kalian yang awalnya cantik menjadi dress yang kurang bagus karena kelunturan warna dari pakaian lainnya.

Kain Wool Peach

Kalian bingung mencari bahan yang pas untuk membuat dress yang cantik dan juga nati kusust? Kain woll peach ini mungkin menjadi salah satu pilihan yang pas untuk mewujudakan impian kalian memiliki dress yang cantik dan juga menawan.

Kain Wool Peach ini memiliki warna yang cukup cerah, motif-motif yang cantik, serta bertekstur halus. Bahan kain ini tebal tapi ringan dan tidak terwang saat dipakai. Dari berbagai kelebihan yang diberikan kain ini tidak akan membuat kalian menyesal memilihnya sebagai bahan pembuatan dress kesayangan kalian.

Satin

Bagi kalian yang ingin terlihat lebnih langsing dan lebih menonjulkan siluet tubuh kalian mengenakan dress dari bahan kain satin menjadi pilihan yang tepat. Dan juga kain ini akan menambah kesan glamor dan mewah pada pemakainnya. Kain satin sendiri mempunyai berbagai macam jenis, tapi umumnya atau yang paling banyak dipakai untuk pembuatan dress adalah satin duchesse. Kalian dapat membuat desain dress minimalis dengan kain jenis ini.

Kain Brokat

Kalian pasti sering mendengar kain jenis ini. Kain brokat merupakan salah satu kain umum digunakan untuk pembuatan sebuah kebaya tapi kain jenis ini juga bisa kok untuk digunakan membuat dress yang tidak kalah cantik dari pada jenis kain yang lain.

Dress dengan bahan brokat ini juga dapat memberikan kesan bahwa tampilan kalian mewah nan anggun. Tidak heran banyak sekali orang memilih jenis kain ini menjadi bahan pembuatan dress yang selalu mereka impikan.

Lace

Baru-baru ini dress dengan bahan kain lace sedang  menjadi tren karena dapat memberikan kesan menawan yang klasik bagi pemakainnya. Hal tersebut tidak lain karena kain ini memiliki motif bunga yang memberikan kesan lebih natural. Tidak heran bila banyak kaum hawa lebih memilih dress dengan bahan kain lace untuk penampilannya.

Kain Polyester

Kain polyter merupakan kain yang mempunyai kemiripan dengan kain katun, tapi kualitas dari kain polyester sendiri berada satu tingkat di bawah kain katun. Jenis kain ini terbuat dari bahan dasar benang polyester tentunya.

Meskipun jenis kain ini memiliki kualitas di bawah kain katun apabila telah dibuat menjadi sebuah dress pasti akan membuat siapapun yang memakai menawan dan elegan. Terlebih lagi bila kalian pandai saat memilih warna yang cocok dengan kepribadian kalian masing-masing.

Kain Velvet atau Beludru

Kain velvet atau biasa disebut dengan kain beludru ini menjadi jenis kain mempunyai tampilan mahal dan juga berkelas. Bahan kain velvet ini umumnya digunakan dalam pembuatan gaun-gaun malam. Namun seiring waktu banyak orang juga menggunakan bahan kain ini untuk pembuatan dress.

Beludru sendiri cukup tebal dan memiliki karakteristik permukaan seperti mempunyai bulu halus. Namun perlu diingat bahwa kain jenis ini memiliki sifat yang tidak kuat dengan panas, jadi lebih baik tidak disetrika sering-sering.

Kain Twistcone

Terlihat sekilas bahwa kain twistcone mirip dengan jenis kain sifon. Namun kain ini memiliki bahan yang lebih tebal dan berat dari pada kain sifon. Jadi tidak perlu khawatir bila mengenakan kain ini akan tembus pandang atau terawang. Kain Twistcone ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dress, karena bahan kain ini memberikan kesan jatuh dan pas pada tubuh kalian. Selain memiliki bahan yang lebih tebal dari kain sifon, kain twistcone ini juga tidak mudah berbau dan juga tidak akan membuat kalian gerah alias adem.